Mengurus NPWP di Solo dan Magelang

Sebelum lupa, kemarin sy juga sempat membuat NPWP untuk dilampirkan di berkas permohonan visa. Kata suami, lebih baik sekalian diurus dan dilampirkan, toh tidak sulit mengurusnya.

Benar saja, caranya simple, cukup datang ke KPP terdekat dengan membawa fotocopy KTP dan mengisi form pendaftaran, selanjutnya permohonan akan diproses. Atau cara lain, yaitu dengan mendaftar online. Sy memilih cara ke-2, yaitu mendaftar secara online berbekal informasi dari website dirjen pajak. Di sana ada beragam pilihan menu salah satunya e-registration. Sy membuat akun kemudian melengkapi form aplikasi, lalu mencetaknya.

Hasil print out kemudian sy bawa ke KPP Pratama Surakarta, di Jl. K.H. Agus Salim No.1 Surakarta. Ga familiar ya? Mudahnya, dari Lapangan Kotta Barat ambil arah ke Jogja, sampai Pertigaan Purwosari ambil kiri, nah, kantor pertama itulah KPP Pratama Solo. Kantornya bersih dan modern, halaman parkir cukup luas. Sy tiba hari Jumat pukul 7.15, pelayanan baru dibuka pukul 08.00. Saat itu sy mendapat nomor atrian 2. Setelah tiba giliran sy, sy menyerahkan print out registrasi dan fotocopy KTP. Namun ternyata permohonan sy tidak bisa diproses karena ketidaksesuaian alamat dengan KTP. Memang sy menuliskan alamat domisili di Solo, seharusnya alamat sesuai KTP. Sy disarankan mengurus di Magelang, atau bisa pula mengurus di Solo namun harus mengirim aplikasi ke KPP Magelang untuk diaktifkan, sehingga di Solo tinggal cetak kartu saja. Namun karena pagi itu sy berencana pulang, sy pun bertekad sekalian mengurus di Magelang. Di Jogja sy sempat berhenti di warnet untuk mengubah data registrasi dan mencetak ulang formnya *padahal sebenarnya langsung datang ke KPP dan mengisi form di sana pun bisa :D*
Saat itu sudah pukul 10.20, harap-harap cemas KPP akan tutup lebih awal mengingat ini hari Jumat. Namun ternyata tidak, kantor tetap buka saat istirahat siang, sehingga sy bisa langsung dilayani.

Untuk mengurusnya tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 5 menit, tanpa dipungut biaya. FYI, KPP Pratama Magelang beralamat di Jalan Veteran No. 20, Magelang, yaitu di sebelah barat SMK Kristen 1. Di sana adalah kompleks perkantoran kota dan kabupaten Magelang 🙂

Iklan
Categories: Jejak Pelangi | Tag: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: