Repost: Perkembangan Agama anak 0~2 tahun

Perkembangan Agama Anak Usia 0-2 tahun
Oleh Puti Ayu Setiani

Di masa perkembangan anak usia 0-2 tahun yang merupakan tahap sensorimotor, perkembangan agama masih belum berkembang dengan baik, karena pada periode ini anak masih mengandalkan inderanya dalam merespon lingkungan sekitar. Akan tetapi, berbagai macam ritual agama, seperti berdoa sebelum tidur atau makan sudah mulai dapat “diajarkan” pada periode ini, yaitu dimana anak melihat orangtua berdoa sehingga nantinya anak akan terbiasa melihat dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan.
Pada masa ini bayi juga belum memiliki kapasitas moral atau agama, tentang benar dan salah, melainkan benar dan salah hanya berhubungan dengan dirinya sendiri. Misalnya ketika ia lapar,
ia merasa bahwa hal tersebut adalah kondisi yang salah sehingga ia menangis. Ketika ia tidak disentuh atau tidak diberi perhatian, ia menganggap bahwa hal tersebut adalah salah sehingga ia juga akan menangis. Pada tahap ini bayi merasa bahwa ia adalah pusat dari segalanya dan ia mengembangkan rasa benar dan salah berdasarkan pada normanya sendiri.
Karena masih mengandalkan inderanya, maka dalam hal perkembangan agama di periode ini, role model orangtua merupakan peran penting bagi pembelajaran agama di periode ini. Anak akan melihat bagaimana cara berdoa, sholat, memakai pakaian sholat, dsb. Anak juga mulai bisa diperdengarkan ayat-ayat suci qur’an ataupun doa-doa. Mereka juga sudah mulai bisa diajarkan tentang makna bersyukur melalui aktivitas makan, setelah dibelikan mainan, dsb.
Oleh karena itu, mari menjadi contoh dan teladan yang baik untuk mengajarkan agama sejak dini kepada anak-anak kita.

Follow us :
Instagram : @rumahmainanak
Fanpage Facebook : Rumah Main Anak
Blog: http://www.rumahmainanak.blogspot.com

Iklan
Categories: dapat dari luar, Parenting | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: