Repost: Perkembangan Agama & Moral anak 4~6 tahun

Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia 4-6 Tahun

Oleh Juditha Elfaj

Meneruskan pembahasan mengenai perkembangan moral dan agama usia sebelumnya ya Bunda, anak pada usia 4-6 tahun mulai banyak bertanya guna mengumpulkan informasi atas sesuatu yang ingin ia ketahui. Nah, masa ini adalah saat yang penuh dengan “Aha” momen untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dengan diskusi yang seru.

Pada anak usia dini perkembangan agama ini identik dengan pemahamannya akan Tuhan, yaitu bagaimana mereka memahami keberadaan Tuhannya. Secara fitrah, manusia meyakini bahwa ada kekuatan yang “serba maha” di luar dirinya. Inilah penghayatan dibidang keagamaan. Apapun agama yang dianutnya. Melalui penghayatan keagamaan ini, manusia meyakini adanya kekuatan lebih dari dirinya. Melalui kekuatan yang maha inilah dia menumpukkan harapannya, ketika ia berharap menyertai atau ketika dia merasa tidak adalagi yang bisa menolong.

Adapun istilah moral atau moralitas mengacu pada suatu kumpulan aturan dasar yang berlaku secara umum mengenai benar dan salah. Yang dimaksud moral adalah bagian dari proses pembelajaran anak atas aturan-aturan dasar.

Lingkungan utama yang mempengaruhi perkembangan moral individu adalah
keluarga, sekolah, dan hubungan-hubungan sosial, sehingga tugas orang dewasa dalam membantu perkembangan agama dan moral adalah memberikan pemahaman atas keberadaan dan kebutuhan kita pada Yang Maha Segalanya serta peraturan hidup pada anak guna mengembangkan pemahaman agama dan terbentuknya karakter yang kuat sesuai pemahamannya itu.

Anak dapat mengalami perkembangan moral jika dirinya mendapatkan pengalamanan bekenaan dengan moralitas. Perkembangan moral anak ditandai dengan kemampuan anak untuk memahami aturan, norma, dan etika yang berlaku (Slamet Suyanto,  2005). Menurut Megawangi, dalam Siti Aisyah dkk. (2007), anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter apabila mereka berada di lingkungan yang berkarakter pula.

💖 Upaya mengembangkan agama dan moral anak
♡ memberikan teladan yg baik. Ortu sbg org terdekat yg menjadi role model utama bagaimana berperilaku sbg hamba Tuhan dan manusia yang baik bagi sesama. Selanjutnya, lingkungan sekitar anak (keluarga, teman, gadget juga yaa) hendaknya dikondisikan utk mendukung hal yg sama.
♡ mengajarkan dengan kata-kata hikmah atau nasihat. Salah satu hal yang paling asik dilakukan bersama si 4-6 tahun adalah berdiskusi. Rasa ingin tahu mereka yang besar, kognitif yang berkembang pesat, ditambah fitrah yang masih domonan menjadi momen yang sangat berharga bagi kita menanamkan kebaikan dengan nasihat.
♡ membantu anak mengaplikasikan apa yang mereka pahami.
Misal, ketika masuk waktu sholat, maka ingatkan “Apa ya yang harus kita lakukan kalau terdengar azan?”.
♡ mendorong anak merefleksikan tindakan mereka. Misal, anak bertindak salah merebut mainan adik hingga adiknya menangis. Maka, ajak ia berpikir jika ada anak lain yamg melakukan hal serupa kepadanya.
♡ ajarkan ia bertanggung jawab atas tindakannya. Misal, membereskan maian yang berantakan usai bermain, ketika salah harus meminta maaf, mengelap air yang ia tumpahkan, dll.
♡ Menjaga keseimbangan antara memberi anak kebebasan bereksplorasi dan kontrol atas keterjagaan kondisi lingkungan yang baik
♡ Menciptakan keluarga yang bahagia dimana setiap anggota keluarga mengoptimalkan perannya masing-masing. Hal ini penting guna menguatkan karakter positif anak
♡ Cintai buah hati sepenuh hati. Cinta adalah dasar pembentukan moral 🙂

Selebihnya kita kembangkan dalam diskusi ya Bunda. Semoga bermanfaat.

Follow us:
Instagram: @rumahmainanak
Fanpage Facebook : Rumah Main Anak
Blog: http://www.rumahmainanak.blogspot.com

Iklan
Categories: dapat dari luar, Parenting | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: