Repost: Perkembangan Motorik Halus anak 4~6 tahun

Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun
Oleh Juditha Elfaj

Perkembangan motorik halus anak usia 4-6 tahun berbeda-beda untuk setiap anak. Hal ini berhubungan erat dengan kondisi fisik dan intelektual anak serta berlangsung secara bertahap tetapi memiliki alur kecepatan perkembangan yang berbeda pada setiap anak.
🎈Beberapa tugas perkembangan anak usia 4-6 tahun diantaranya yaitu
☆ mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan yang umum dan mengembangkan keterampilan-keterampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung. (Hurlock, 1991)
☆ dapat mengancingkan baju.
☆ membangun menara setinggi 11 kotak
☆ menggambar sesuatu yang berarti bagi ank tersebut dan dapat dikenali oleh orang lain
☆ mempergunakan gerakan-gerakan jemari selama permainan jari, menjiplak gambar kotak, menulis beberapa huruf.
☆ Anak usia 5 tahun mempunyai kemampuan menulis nama depan, membangun menara setinggi 12 kotak, mewarnai dengan garis-garis, memegang pensil dengan benar antara ibu jari dan dua jari, menggambar orang beserta rambut hidung, menjiplak persegi panjang dan segitiga, memotong bentuk-bentuk sederhana.
☆ membuat garis vertical, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
☆ menjiplak bentuk.
☆ mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
☆ mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
🎈Cara Menstimulasi

Ketrampilan motorik anak perlu dilatih agar dapat berkembang dengan baik. Stimulasi dan intervensi sejak dini untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan motorik harus dilakukan sejak dini sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya. Stimulasi adalah upaya orang tua atau keluarga untuk mengajak anak bermain dalam suasana penuh gembira dan kasih sayang. Stimulasi dilakukan setiap ada kesempatan berinteraksi dengan anak, setiap hari, terus-menerus, bervariasi, disesuaikan dengan usia perkembangan kemampuannya, dilakukan oleh orangtua atau keluarga dekat.
🎈Bentuk Stimulasi
Bentuk-bentuk stimulasi  yang dapat dilakukan diantaranya: memberikan contoh aktivitas harian (menggunakan sendok, menggunting, dll), melipat, menggambar dengan crayon, main lilin/dough, finger painting, meronce, melukis dengan cat air, tracing (mengikuti titik-titik yang berbentuk gambar/huruf/angka), bemain kolase, bermain dengan sepuluh jari, memasukan kunci ke dalam celah, memasukan uang logam kedalam celengan, dan masih banyak kegiatan menyenangkan yang bunda-bunda hebat di sini pasti dapat lakukan bersama buah hati tersayang.

🎈Prinsip dalam Memberi Stimulasi
☆ dilakukan dengan dilandasi cinta dan kasih sayang
☆ selalu tunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak akan meniru tingkah laku orang-orang yang terdekat dengannya
☆ berikan stimulasi sesuai dengan usia perkembangannya
☆ lakukan stimulasi dgn mengajak bermain, bernyanyi, bervariasi, menyenangkan tanpa paksaan dan tidak ada hukuman
☆ stimulasi dilakukan secara bertahap dan berrlkelanjutan
☆ gunakan alat bantu permainan yang sederhana, aman dan ada disekitar anak.
☆ berikan kesempatan yang sama pada anak laki-laki dan perempuan
☆ berikan apresiasi atas usaha anak dalam belajar dan berlatih.

Salam sayang,
Juditha

Iklan
Categories: dapat dari luar, Parenting | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: